PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI SUDIRMAN II KECAMATAN UJUNG PANDANG KOTA MAKASSAR

PAISAL (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI SUDIRMAN II KECAMATAN UJUNG PANDANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Bagian A.docx

Download (18kB)
[img] Text
Bagian B.docx

Download (58kB)
[img] Text
Bagian C.docx

Download (117kB)
[img] Text
Bagian D.docx

Download (2MB)

Abstract

Paisal. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada mata pelajaran IPS Kelas V SD Negeri Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Widya Karmila Sari A S.Pd.,M.Pd dan Dr. Andi Makkasau M.si. pada Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada mata pelajaran IPS Kelas V SD Negeri Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada mata pelajaran IPS Kelas V SD Negeri Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar yang berjumlah 40 orang, dengan rincian 17 siswa perempuan dan 23 siswa laki-laki yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS siklus I berada pada kategori baik namun belum memenuhi syarat ketuntasan secara klasikal dan pada siklus II hasil belajar siswa pada pelajaran IPS mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori sangat tinggi. Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS tidak terlepas dari peningkatan aktivitas mengajar guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan peningkatan persentase jumlah siswa yang aktif dalam proses pembelajaran untuk setiap siklusnya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:06
Last Modified: 18 Oct 2023 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34358

Actions (login required)

View Item View Item