PENERAPAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA DI KELAS V SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

SAIFUL (2023) PENERAPAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA DI KELAS V SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
LOGO UNM.docx

Download (73kB)
[img] Text
LAMPIRAN SAIFUL.docx

Download (1MB)
[img] Text
PTK SAIFUL I, II, III.docx

Download (129kB)

Abstract

Saiful. 2014 . Penerapan Media Gambar Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita dikelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati M. Pd dan Ahmad Syawaluddin S. Kom, M. Pd. Progaram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan media gambar seri dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita di kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerita melalui penerapan media gambar seri siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengn jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan Refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V SD dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Fokus penelitian terdiri atas penerapan media gamabr seri dan keterampilan menulis cerita. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa, dimana pada Siklus I hasil observasi guru berada pada kategori cukup untuk pertemuan I dan II, hasil observasi siswa pertemuan I dan II berada pada kategori kurang dan nilai rata-rata hasil belajar berada pada kategori kurang dan pada pertemuan II berada pada kategori cukup. Pada Siklus II, hasil observasi guru berada pada kategori baik untuk pertemuan I dan II, hasil observasi siswa untuk pertemuan I dan II berada pada kategori baik, sedangkan pertemuan I dan II, rata-rata nilai hasil belajar siswa berada pada kategori cukup. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Maka dapat disimpulkan dengan menggunkan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:55
Last Modified: 18 Oct 2023 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34356

Actions (login required)

View Item View Item