PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI NO.16 GARO’GO KECAMATAN BANGGAE KABUPATEN MAJENE

FARHAM (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI NO.16 GARO’GO KECAMATAN BANGGAE KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
SAMPUL NHT.docx

Download (37kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN FIX.docx

Download (74kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN FIX.docx

Download (1MB)

Abstract

FARHAM. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri No.16 Garo’go Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. Skripsi. Dibimbing oleh Widya Karmila Sari A, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Andi Makkasau, M.Si.; Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran IPS sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri No.16 Garo’go Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri No.16 Garo’go Kecamatan Banggae Kabupaten Majene? Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, sekaligus merupakan rancangan dalam penelitian ini yang dilaksanakan selama 2 siklus. Fokus penelitian yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran IPS dan hasil belajar siswa kelas V. Subjek penelitian adalah seorang guru dan siswa kelas V sebanyak 25 orang, yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas V SD Negeri No.16 Garo’go Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami perkembangan pada setiap siklus. Selain itu dari tes hasil belajar pada siklus I dengan kategori belum tuntas mengalami peningkatan pada siklus II dengan kategori tuntas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD No.16 Garo’go Kecamatan Banggae Kabupaten Majene.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Oct 2023 05:34
Last Modified: 13 Oct 2023 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34315

Actions (login required)

View Item View Item