LYA WAHYUNI ILYAS (2023) PENERAPAN METODE SCRAMBEL UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 161 UNGGULAN PINRANGKECAMATAN WATANG SAWITTO KABUPATEN PINRANG.
Text
1. SAMPUL.pdf Download (18kB) |
|
Text
halaman awal skripsi.pdf Download (192kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (239kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
Abstract
LYA WAHYUNI ILYAS, 2015. Penerapan Metode Scrambel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kosakata Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 161 Unggulan Pinrang Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. Skripsi. dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed dan Sumarlin Mus, S.Pd.,M.Pd, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kosakata bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN 161 Unggulan Pinrang. Rumusan masalah yang diajukan Bagaimanakah penerapan metode scrambel dapat meningkatan hasil belajar kosakata bahasa indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 161 Unggulan Pinrang Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. Tujuan penelitian ini adalah bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Scrambel untuk meningkatkan hasil belajar kosakata bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 161 Unggulan Pinrang Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan metode pembelajaran scrambel dan hasil belajar bahasa Indonesia materi kosakata. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 161 Pinrang, sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dankualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar kosakata bahasa Indonesia siswa kelas IV. Pada siklus I aktivitas mengajarguru berada pada kategori baik menjadi kategori sangat baikpada siklus II. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup menjadi kategoribaik pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar kosakata bahasa Indonesia siswa. Pada siklus I belum berhasil mencapai kentuntasan klasikal yang ditentukan dan berada pada kategori baik. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu dilihat dari ketuntasan belajar klasikal yang ditentukan yaitu berada pada kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode scrambel dapat meningkatkan hasil belajar kosakata bahasa Indonesia padasiswa kelas IV SD Negeri 161 Unggulan Pinrang Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 03:45 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 03:45 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34294 |
Actions (login required)
View Item |