PEMANFAATAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I DI SDN GUNUNG SARI II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

RATIPURWASI (2023) PEMANFAATAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I DI SDN GUNUNG SARI II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (13kB)
[img] Text
SAMPUL SKRIPSI RATI.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (7MB)

Abstract

Ratipurwasi, 2015. Pemanfaatan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta didik Kelas I Di SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Hj.Syamsiah D, S.Pd,.M.Pd dan Drs.Lutfi B, M,Kes. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca peserta didik di kelas I SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pemanfaatan media Big Book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik Kelas I Di SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar?.Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media Big Book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I di SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media Big Book dan kemampuan membaca peserta didik. Subjek penelitian adalalah guru dan peserta didik kelas I SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes membaca, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar peserta didik berada pada kategori cukup, setelah dilaksanakan siklus II aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar peserta didik berada pada kategori baik demikianpun kemampuan membaca peserta didik pada siklus I belum tuntas setelah dilaksanakan siklus II mengalami peningkatan menjadi tuntas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas I di SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:23
Last Modified: 12 Oct 2023 03:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34291

Actions (login required)

View Item View Item