PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN MENYIMAK MURID PADA MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN SUDIRMAN I KOTA MAKASSAR

WIDYAWANTI (2023) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN MENYIMAK MURID PADA MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN SUDIRMAN I KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (17kB)
[img] Text
sampul depan.docx

Download (34kB)
[img] Text
skripsiqu i.allah NEW.docx

Download (1MB)

Abstract

WIDYAWANTI, 2015. Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Murid pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN Sudirman I Makassar, Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Johara Nonci, M.Si. dan Hj. Nurhaedah, S.Pd, M.Hum.; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menyimak murid pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Sudirman I Kota Makassar. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimanakah penggunaan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan menyimak murid pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN Sudirman I Kota Makassar setelah dilakukan pembelajaran menyimak cerita melalui media audio visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan menyimak murid pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN Sudirman I Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Fokus penelitian ini yaitu Penerapan media audio visual dan kemampuan menyimak murid. Subjek penelitian ini adalah guru dan murid kelas V SDN Sudirman I Kota Makassar dengan jumlah murid 48 orang terdiri dari 25 murid laki – laki dan 23 murid perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori kurang, aktivitas belajar murid berada pada kategiri kurang, dan kemampuan menyimak murid berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan murid maupun kemampuan menyimak murid. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik, aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik, dan kemampuan menyimak murid berada pada kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menyimak murid pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Sudirman I Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:37
Last Modified: 12 Oct 2023 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34285

Actions (login required)

View Item View Item