PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNG SARI II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

MEYLIANY KARRANG (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNG SARI II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (17kB)
[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (73kB)
[img] Text
XMEYLIANY SKRIPSI.docx

Download (2MB)

Abstract

Meyliany karrang. 2014. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom, M.Pd dan Dr. Hasaruddin Hafid, M.Ed Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kontekstual dan hasil belajar IPA dengan subjek penelitian guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahap kegiatan yakni mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan atau verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori sangat kurang (SK),dan pada siklus II berada pada kategori baik (B). kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN II Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:23
Last Modified: 11 Oct 2023 01:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34268

Actions (login required)

View Item View Item