PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKPAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD INPRES PANNAMPU II KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR

AYU OKTAVIANA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKPAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD INPRES PANNAMPU II KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.docx

Download (47kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (2MB)

Abstract

AYU OKTAVIANA, 2014, Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Inpres Pannampu II Kecamatan Tallo Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M. Kes. sebagai pembimbing satu dan Drs. Muh. Faisal, M. Pd. sebagai pembimbing dua. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Inpres Pannampu II Kecamatan Tallo Kota Makassar. Rumusan masalah, bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Inpres Pannampu II Kecamatan Tallo Kota Makassar? Tujuan penelitian yaitu untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Inpres Pannampu II Kecamatan Tallo Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Setting penelitian bertempat di SD Inpres Pannampu II Kecamatan Tallo Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari 1 guru kelas V dan siswa kelas V sebanyak 25 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumetasi, dengan analisis data secara kualitatif dan kuatitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktifitas guru pada pertemuan satu dan dua berada pada kategori cukup, aktifitas belajar siswa pada siklus I peretemuan satu berada pada kategori kurang dan pertemuan dua berada pada kategori cukup, dan hasil belajar siswa berada pada kategori baik. Namun pada siklus I persentase keberhasilan aktifitas mengajar guru, aktifitas belajar siswa dan hasil belajar siswa belum mencapai 80% sesuai dengan indikator keberhasilan. Oleh karena itu, peneliti melanjutkan ke siklus II. Pada siklus II aktifitas mengajar guru dan aktifitas belajar siswa mengalami peningkatan persentase yang berada pada kategori baik dan hasil belajar siswa siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik sekali. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Inpres Pannampu II Kecamatan Tallo Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:43
Last Modified: 06 Oct 2023 02:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34255

Actions (login required)

View Item View Item