PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES TALLO TUA I KOTA MAKASSAR

ANIS BUHAERAH (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES TALLO TUA I KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (22kB)
[img] Text
halaman depan.docx

Download (91kB)
[img] Text
skripsi 2.docx

Download (3MB)

Abstract

Anis Buhaerah, 2014. Penerapan Pembelajaran Kontekstual dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas V SD Inpres Tallo Tua I Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si. dan Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd., M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Tallo Tua 1 Kota Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Tallo Tua I Kota Makassar? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Inpres Tallo Tua 1 Kota Makassar, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Tallo Tua 1 Kota Makassar dengan jumlah siswa 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran. Aktivitas mengajar guru pada siklus I masih pada kategori cukup dan aktifitas belajar siswa siklus I masih pada kategori cukup. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I masuk pada kategori baik dan hal ini belum mencapai indikator keberhasilan dan KKM yang telah ditetapkan, maka dilanjutkan pada siklus II. Hasil analisis aktifitas mengajar guru siklus II meningkat dari kategori cukup menjadi kategori sangat baik dan begitupula aktivitas belajar siswa dari kategori cukup menjadi sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II meningkat dari kategori baik menjadi sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Inpres Tallo Tua 1 Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:35
Last Modified: 05 Oct 2023 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34239

Actions (login required)

View Item View Item