PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS V SDN MELAYU 25 KECAMATAN WAJO KOTA MAKASSAR

HASMIDAR (2023) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS V SDN MELAYU 25 KECAMATAN WAJO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL dll.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA n lampiran (2).docx

Download (878kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP midar.docx

Download (31kB)

Abstract

HASMIDAR. 2014. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas V SDN Melayu 25 Kecamatan Wajo Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhaedah, M. Si dan Dr. Suarlin, S.Pd., M. Si., pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Melayu 25 Kecamatan Wajo Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Melayu 25 Kecamatan Wajo Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Melayu 25 Kecamatan Wajo Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dan hasil belajar murid. Setting dan subjek penelitian ini adalah guru dan murid kelas V SDN Melayu 25 Kecamatan Wajo Kota Makassar dengan jumlah 17 murid yang terdiri dari 9 murid laki-laki dan 8 murid perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dikategorikan cukup sedangkan siklus II telah dikategorikan baik, aktivitas murid pada siklus I dikategorikan cukup sedangkan siklus II telah dikategorikan baik. Hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA pada siklus I dikategorikan baik namun belum mencapai ketuntasan secara klasikal karena dalam proses pembelajaran, guru belum maksimal menerapkan langkah-langkah metode eksperimen, pada siklus II hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA dikategorikan baik dan mencapai ketuntasan secara klasikal karena dalam proses pembelajaran guru sudah menerapkan langkah-langkah metode eksperimen dengan baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA melalui penerapan metode eksperimen kelas V SDN Melayu 25 Kecamatan Wajo Kota Makassar meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:04
Last Modified: 05 Oct 2023 03:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34237

Actions (login required)

View Item View Item