PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUPINVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELASV SDN 237 UJUNGE KECAMATAN TANASITOLO KABUPATEN WAJO

NURMALA SARI (2023) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUPINVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELASV SDN 237 UJUNGE KECAMATAN TANASITOLO KABUPATEN WAJO.

[img] Text
sampul proposal.docx

Download (17kB)
[img] Text
Bagian Awal.docx

Download (49kB)
[img] Text
Bagian Kedua.docx

Download (399kB)
[img] Text
Bagian Keempat.docx

Download (1MB)

Abstract

NURMALA SARI, 2014, Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 237 Ujunge Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si. dan Dra. Hj. Syamsiah D.,S.Pd.,M.Pd.; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa sehingga timbul rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model cooperative learning tipe group investigation (GI) pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 237 Ujunge Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan penerapan model cooperative learning tipe group investigation pada pembelajaran IPA dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 237 Ujunge Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe GI oleh guru dan hasil belajar siswa. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 237 Ujunge Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo, sebanyak 20 orang, yang terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif untuk mengukur hasil belajar siswa. Adapun aktivitas guru siklus I berada pada kategori Kurang (K) dan siklus ke-II berada pada kategori Baik (B) sedangkan aktivitas belajar siswa siklus I berada pada kategori Kurang (K) dan siklus ke-II berada pada ketegori Baik (B). Hal ini berpengaruh pada hasil belajar pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 237 Ujunge Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:21
Last Modified: 05 Oct 2023 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34233

Actions (login required)

View Item View Item