Efektifitas Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam Pendekatan Konstruktivis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Watampone

DARMAWATI, DARMAWATI (2016) Efektifitas Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam Pendekatan Konstruktivis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Watampone. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I PTK.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB V KESILMPULAN DAN SARAN.docx

Download (16kB)

ABSTRAK Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan dan menjelaskan efektifitas penggunaan LKPD dengan pendekatan konstruktivis dalam meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Watampone. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap. Unit analisis penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Watampone Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan. Unit analisis penelitian terdiri dari 37 peserta didik, 19 perempuan dan 18 laki-laki. Sumber data diperoleh dari hasil tes, observasi, dan respon peserta didik yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (i) efektifitas penggunaan LKPD dalam pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan motivasi belajar ekonomi peserta didik dari rata-rata 66,98 meningkat 71,25, kategori sangat tinggi 6 menjadi 10 peserta didik ; (ii) efektifitas penggunaan LKPD dalam pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan aktivitas belajar ekonomi peserta didik dari aktif menjadi sangat aktif; (iii) efektifitas penggunaan LKPD dalam pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik, rata-rata Pratindakan 40,65 kategori “kurang” Siklus I 74,16 kategori “cukup” dan Siklus II 81,51 kategori “baik”. (iv) respon positif peserta didik terhadap penggunaan LKPD dalam pendekatan konstruktivis rata-rata 95,71% dan 4,29% respon negatif dari 10 aspek yang ditanyakan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Oct 2017 01:27
Last Modified: 14 Mar 2018 01:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3423

Actions (login required)

View Item View Item