DARMAWATI, DARMAWATI (2016) Efektifitas Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam Pendekatan Konstruktivis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Watampone. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
BAB I PTK.docx Download (51kB) |
|
Text
BAB V KESILMPULAN DAN SARAN.docx Download (16kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan dan menjelaskan efektifitas penggunaan LKPD dengan pendekatan konstruktivis dalam meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Watampone. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap. Unit analisis penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Watampone Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan. Unit analisis penelitian terdiri dari 37 peserta didik, 19 perempuan dan 18 laki-laki. Sumber data diperoleh dari hasil tes, observasi, dan respon peserta didik yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (i) efektifitas penggunaan LKPD dalam pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan motivasi belajar ekonomi peserta didik dari rata-rata 66,98 meningkat 71,25, kategori sangat tinggi 6 menjadi 10 peserta didik ; (ii) efektifitas penggunaan LKPD dalam pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan aktivitas belajar ekonomi peserta didik dari aktif menjadi sangat aktif; (iii) efektifitas penggunaan LKPD dalam pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik, rata-rata Pratindakan 40,65 kategori “kurang” Siklus I 74,16 kategori “cukup” dan Siklus II 81,51 kategori “baik”. (iv) respon positif peserta didik terhadap penggunaan LKPD dalam pendekatan konstruktivis rata-rata 95,71% dan 4,29% respon negatif dari 10 aspek yang ditanyakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2 |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 01:27 |
Last Modified: | 14 Mar 2018 01:50 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3423 |
Actions (login required)
View Item |