PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 BANTIMURUNG KABUPATEN MAROS

Harding, Harding (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 BANTIMURUNG KABUPATEN MAROS. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (96kB)

ABSTRAK Dalam proses pembelajaran, guru harus dapat melakukan pembelajaran inovatif yang menekankan pada keaktifan siswa. Salah satu model yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa adalah dengan model pembelajaran kooperatif. Dalam penelitian ini, dipilih model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dapat melatih siswa untuk memahami pelajaran secara mendalam melalui sistem kerja sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar dan minat belajar peserta didik pada SMP Negeri 4 Bantimurung pada mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rombel kelas VIII semester genap di SMP Negeri 4 Bantimurung Kabupaten Maros tahun pelajaran 2015/ 2016 yang terdiri atas 9 rombel dengan jumlah keseluruhan 278 peserta didik, kemudian diadakan pengambilan sampel secara random sampling dan di dapatkan dua rombel dari sembilan rombel yang mempunyai karakteristik yang hampir sama (bersifat homogen). Sedangkan untuk penentuan kelompok eksperimen dan kelompok pembanding dari dua kelas tadi dilakukan pula dengan cara random sehingga di dapatkan kelas VIII-A sebagai kelompok eksperimen dan VIII-B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing sebanyak 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar IPA peserta didik SMP Negeri 4 Bantimurung pada kelas yang menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw berada pada kriteria sangat tinggi dan tinggi (80% dan 20%) dengan nilai Mean 130.1667, Lebih unggul dari kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw yang berada pada kriteria sangat tinggi dan tinggi (80% dan 20%) dengan nilai Mean 128,533. Hasil belajar IPA peserta didik SMP Negeri 4 Bantimurung pada kelas 4 yang menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw berada pada kriteria sangat baik dan baik (17% dan 83%) dengan nilai Mean 80,50, lebih tinggi dari kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw yang berada pada kriteria baik dan cukup (87% dan 13%) dengan nilai Mean 73,34. Penggunaan model pembelajaran tipe Jigsaw pada pembelajaran IPA meningkatkan minat belajar peserta didik SMP Negeri 4 Bantimurung dan berpengaruh secara positif dan signifikan. Penggunaan model pembelajaran tipe Jigsaw pada pembelajaran IPA berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPA peserta didik SMP Negeri 4 Bantimurung. Kata kunci: Hasil belajar, minat belajar, tipe Jigsaw

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Jan 2018 03:05
Last Modified: 03 Jan 2018 03:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3418

Actions (login required)

View Item View Item