PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 192 BATU-BATU KECAMATAN SINJAI TIMUR KABUPATEN SINJAI

WAHYUDDIN (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 192 BATU-BATU KECAMATAN SINJAI TIMUR KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
sampul.docx

Download (21kB)
[img] Text
halaman depan mau dprint.docx

Download (61kB)
[img] Text
menuju skripsi.docx

Download (2MB)

Abstract

Wahyuddin, 2014. Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 192 Batu-batu Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Skripsi. Dibimbing oleh Dr.AndiMakkasau, M.Si dan Dr. Wahira, M.Pd. Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa . Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan berbasis masalah dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V, Bagaimana aktivitas siswa dan guru melalui pembelajaran berbasis masalah dapat meningkat dan bagaimana hasil matematika melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V ?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan berbasis masalah pada siswa kelas V, Untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru melalui penerapan berbasis masalah dapat meningkat, dan Untuk meningkatkan hasil matematika melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpaduan antara kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa V dengan jumlah siswa 11 orang dengan materi Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa.Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN 192 Batu-Batu Kecamatan Sinjai Kabupaten Sinjai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:16
Last Modified: 04 Aug 2023 07:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33389

Actions (login required)

View Item View Item