PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADASISWA KELAS IV SD NEGERI MAPPALAKECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

JOVI MAYDI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADASISWA KELAS IV SD NEGERI MAPPALAKECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (38kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (30kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (32kB)
[img] Text
MOTTO & ABSTRAK.docx

Download (23kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (16kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jovi Maydi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B., M.Kes dan Dra. Amrah, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap, yaitu; tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pemberlajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 30 orang dengan rincian 12 laki-laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Peningkatan aktivitas mengajar guru dan belajar siswa dapat dilihat dari setiap siklus, dimana pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup dan pada siklus II aktivitas mengajar guru meningkat dengan kategori baik. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II meningkat dengan kategori baik. Sedangkan nilai tes hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori tidak tuntas dan hasil belajar siswa pada tes siklus II berada pada kategori tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa jika model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw diterapkan dalam pembelajaran , maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:31
Last Modified: 03 Aug 2023 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33364

Actions (login required)

View Item View Item