PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERIEMMY SAELAN KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ASNITA AHMAD (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERIEMMY SAELAN KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
i - x.docx

Download (932kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (31kB)
[img] Text
Lampiran 1-3.docx

Download (28kB)
[img] Text
Dokumentasi & Riwayat .docx

Download (810kB)

Abstract

Asnita Ahmad, 2017. Pengaruh model pembelajaran berbasis portofolio terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si dan Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA sangat rendah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana gambaran model pembelajaran berbasis portofolio?, apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran berbasis portofolio terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran berbasis portofolio terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran model pembelajaran berbasis portofolio dan mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran berbasis portofolio terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA serta mengetahui seberapa besar model pembelajaran berbasis portofolio terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini kota Makassar. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-exsperiment dengan tahap pretest, tritment dan posttest. Variabel penelitian ini terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup model pembelajaran berbasis portofolio dan variabel terikat mencakup minat belajar IPA. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan sampel dari penelitian ini yaitu 20 siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio berlangsung secara efektif, keefektifan tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan proses pembelajaran setiap pertemuannya. Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran berbasis portofolio terhadap minat belajar. Rata-rata hasil angket pretest siswa diperoleh 98,05, sedangkan pada hasil angket posttest siswa sebesar 110,25 sehingga besar pengaruh model pembelajaran berbasis portofolio terhadap minat brlajar siswa sebesar 12,2%. Kesimpulan penelitian ini yaitu proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio berlangsung secara efektif dan terdapat pengaruh yang signifikan dengan kategori tinggi dan peningkatannya sebesar 12,2 %.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:21
Last Modified: 03 Aug 2023 06:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33363

Actions (login required)

View Item View Item