PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN EMMY SAELAN KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

RISKIANI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN EMMY SAELAN KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 SAMPUL DLL.docx

Download (70kB)
[img] Text
2 BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
3 BAB II.docx

Download (85kB)
[img] Text
4 BAB III.docx

Download (43kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN.docx

Download (3MB)
[img] Text
8. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (31kB)

Abstract

RISKIANI. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Membaca Pemahaman Kelas V SDN Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Hj.Rosdiah Salam, M.Pd. dan Nur Abidah Idrus, S.Pd. M.Pd., pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V SDN Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar ?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experiment, dengan design penelitian one-grup pretest-posttest design. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan variabel terikat hasil belajar membaca pemahaman. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan teknik sampling yang digunakan sampling jenuh. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah siswa 21 orang. Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil thitung > ttabel (9,264 > 1, 724), hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kesimpulan penelitian ini adalah Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:24
Last Modified: 03 Aug 2023 02:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33353

Actions (login required)

View Item View Item