PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI KOMPLEKS IKIP 1 MAKASSAR

MARHAWA (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI KOMPLEKS IKIP 1 MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DKK.docx

Download (49kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING pasca tutup 7 rangkap.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB 1, 2 DAN 3.docx

Download (245kB)
[img] Text
fFIX ANALISIS SKRIPSI.docx

Download (81kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2 SILABUS.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN 6 kisi2 instrumen.docx

Download (27kB)
[img] Text
LAMPIRAN FFIKS.docx

Download (47MB)

Abstract

Marhawa 2017.Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri kompleks IKIP 1 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs Lutfi B, M.Kes dan Muhammad Irfan S,Pd., M,Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa yang terlihat pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran pelaksanaan model group investigation pada siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Makassar? (2) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Makassar setelah pelaksanaan model group investigation? (3) Apakah terdapat pengaruh pelaksanaan model group investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran pelaksanaan model group investigation pada siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Makassar, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Makassar setelah pelaksanaan model group investigation. (3) mengetahui pengaruh pelaksanaan model group investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksprimen dan menggunakan jenis true eksprimen desain posttest only control design dan pretst group design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Makassar yang berjumlah 95 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak karena populasi bersifat homogen. Sampel dalam penelitian ini yaitu 38 siswa kelas VA sebagai kelas eksprimen dan 38 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran group investigation dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Makassar. Data tes hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan statistic deskriktif dan inferensial. Penguji hipotesis dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung .> ttabel = 0,05 > 0,005 artinya H0 ditolak dan H1 diterima dengan artian bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Makassar yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:13
Last Modified: 03 Aug 2023 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33351

Actions (login required)

View Item View Item