PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAININGTERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI TIDUNG MAKASSAR

MAHARDIKA UTAMI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAININGTERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI TIDUNG MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (48kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI abstrak.docx

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR IS1.docx

Download (24kB)
[img] Text
4. SKRIPSI.docx

Download (2MB)
[img] Text
5. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
6. LAMPIRAN (Autosaved).docx

Download (3MB)

Abstract

MahardikaUtami, 2017.Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Tidung Makassar. Skirpsi. Dibimbing Hamzah Pagarra S.Kom.,M.Pd Dan Dr. Andi Nurochmah M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa dikelas V SD Negeri Tidung Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1.Bagaimanakah gambaran penggunaan model pembelajaran student facilitator and Explaining pada mata pelaran IPS di kelas V SDN Tidung Makassar? 2. Bagaimanakah gambaran hasil belajar IPS siswa kelas V sebelum dans esudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and Explaining 3. Adakah pengaruh yang positif dalam model pembelajaran student facilitator and Explaining terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V ? tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran student facilitator and Explaining pada siswa kelas V2. Untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPS siswa kelas V sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and Explaining 3. Untuk mengetahui ada pengaruh yang positif dalam model pembelajaran student facilitator and Explaining terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V.Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental desaing. Fokus penelitan ini adalah model pembelajaran student facilitator and Explaining dan hasil belajar. Setting dan subjek penelitan ini adalah guru dan siswa kelas V dengan jumlah populasi 52. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi dan tes.Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu Uji Prasyarat Data dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran IPS memberikan penggaruh positif terhadap hasil belajar siswa terbukti dengan hasil pengamatan yang telah dilakukan kepada guru dengan presentasi 92,85%. Hasil belajar siswa menggalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan rata rata nilai hasil belajar siswa sebelum menggunkan model pembelajaran yaitu 36,87 dan setelah menggunakan model pemblejaran meningkat menjadi 72,50 3. Data perhitungan paired sample t test menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berpengaruh terhadap hasil belajar siswa ditandai dengan nilai p-value < a nilai signifikansi 2 tailed 0,00 < 0,05.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:49
Last Modified: 28 Jul 2023 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33203

Actions (login required)

View Item View Item