PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SD INPRES RAPPOCINIKECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

A.SRI YULIARTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SD INPRES RAPPOCINIKECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul,pengesahan dll skripsi.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (31kB)
[img] Text
lampiran 1.docx

Download (318kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (263kB)
[img] Text
Lampiran 3.docx

Download (264kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP 24.docx

Download (40kB)

Abstract

A.SRI YULIARTI. 2017. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) terhadap hasil belajar PKn siswa Kelas III SD Inpres Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Di bimbing oleh Dr. Suarlin,M.Si dan Dra. Hj. Syamsiah, D.S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas III SDI Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)Bagaimanakah gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament terhadap siswa kelas III SDI Rappocini. 2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar PKn sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament. 3) Adakah pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament terhdap hasil belajar PKn siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament terhadap siswa kelas III SDI Rappocini. 2) Gambaran hasil belajar PKn sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament. 3) Pengaruh positif dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament terhadap hasil belajar PKn siswa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-experimental. Penelitian ini menggunakan desain one-group pretest-posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas III sebanyak 27 siswa dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obeservasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu: 1) Memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar PKn siswa terbukti dengan hasil pengamatan yang telah dilakukan baik itu kepada siswa maupun kepada guru di setiap pertemuan mengalami peningkatan. 2) Terdapat hasil belajar PKn siswa sebelum dan sesudah diterapkan model team game tournament pada kelas III SDI Rappocini dengan nilai mean test awal (pretest) 41,11 sedangkan nilai mean pada tes akhir (posttest) 50,55. 3) Model team game tournament berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn siswa. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test di peroleh thitung (3,744) > ttabel (2,0555) dan sig. (2-tailed) 0,001 < α (0,05).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:32
Last Modified: 24 Jul 2023 03:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33155

Actions (login required)

View Item View Item