PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

SUCITA IRADAH PUTRY (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Halaman Sampul.doc

Download (49kB)
[img] Text
2. Halaman Judul.doc

Download (50kB)
[img] Text
3. Persetujuan Pembimbing.doc

Download (54kB)
[img] Text
4. Pengesahan Ujian Skripsi.doc

Download (54kB)
[img] Text
5. Pernyataan Keaslian Skripsi.doc

Download (28kB)
[img] Text
6. Moto.doc

Download (28kB)
[img] Text
7. Abstrak.doc

Download (30kB)
[img] Text
9. Daftar Isi.doc

Download (37kB)
[img] Text
10. Daftar Tabel.doc

Download (35kB)
[img] Text
11. Daftar Gambar.doc

Download (39kB)
[img] Text
12. Daftar Lampiran.doc

Download (56kB)
[img] Text
13. Bab I.docx

Download (30kB)
[img] Text
14. Bab II.docx

Download (71kB)
[img] Text
15. Bab III.docx

Download (74kB)
[img] Text
18. Daftar Pustaka.docx

Download (23kB)
[img] Text
Lampiran 29 - Tabel z.docx

Download (463kB)
[img] Text
Lampiran 31 - Tabel t.docx

Download (397kB)
[img] Text
Lampiran 31 - Tabel t.docx

Download (397kB)
[img] Text
Lampiran 32 - Dokumentasi.docx

Download (33MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (2MB)

Abstract

Sucita Iradah Putry, 2017, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I Dr. Andi Makkasau, M.Si. dan Pembimbing II Dr. Hj. Rohana, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa yang terlihat pada mata pelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran model pembelajaran TSTS?, (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran TSTS?, (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran TSTS terhadap hasil belajar siswa?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran model pembelajaran TSTS, (2) Gambaran hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran TSTS, (3) Pengaruh yang signifikan model pembelajaran TSTS terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan menggunakan jenis pre-experiment dengan disain pre-experimental dalam bentuk one-group pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Tidung yang berjumlah 59 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel yakni 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan pengujian t-test yakni dengan jenis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran TSTS dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Tidung memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, (2) Terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran TSTS, (3) Pengujian hipotesis menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:22
Last Modified: 21 Jul 2023 07:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33140

Actions (login required)

View Item View Item