PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWAKELAS III SD KOMPLEKS LARIANG BANGI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

AYU ANGGRIANI ISMAIL (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWAKELAS III SD KOMPLEKS LARIANG BANGI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul, pengesahan, abstrak, daftar isi, dll..docx

Download (334kB)
[img] Text
2. BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
3. BAB II.docx

Download (34kB)
[img] Text
4. BAB III.docx

Download (39kB)
[img] Text
7.LAMPIRAN.docx

Download (9MB)

Abstract

AYU ANGGRIANI ISMAIL, 2017, Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I Dra. St. Nursiah B, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Latri, S.Pd., M.Pd.; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siwa yang terlihat pada mata pelajaran Matematika di SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan Media Puzzle pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III Kompleks SD Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar, untuk menggambarkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Kelas III Kompleks SD Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar, dan untuk mengetahui pengaruh Media Puzzle terhadap Minat belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III Kompleks SD Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Adapun pupulasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas III pada SD Kompeks Lariang Bangi yang terdiri dari 3 sekolah yaitu SDN Lariang Bangi 1, SDN Lariang Bangi 2, dan Lariang Bangi 3 pada tahun pelajaran 2016-2017 pada semester genap. Adapun sampel yang terpilih berdasarkan tehnik simpel random sampling yaitu kelas III SDN Lariang Bangi 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan kelas III SDN Lariang Bangi 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 19 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle dalam pembelajaran Matematika di kelas III SD Kompleks Lariang Bangi memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa, hal ini dilihat berdasarkan 4 indikator yaitu perasaan senang, ketertarikan siswa, perhatian siswa, dan keterlibatan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan pengujian t-test yakni independent sampel t-test. Hasil pengukuran minat belajar siswa menggunakan angket untuk membandingkan antara kelas eksperimen yang menggunakan media puzzle pada saat pembelajaran dan pada kelas kontrol tanpa menggunakan media puzzle.Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Keberhasilan ini didukung oleh adanya perencanaan pembelajaran yang baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media puzzle memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika Kelas III SD Komplek Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:35
Last Modified: 21 Jul 2023 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33129

Actions (login required)

View Item View Item