PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 11/22 GENTUNG KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP

HUSNAENI (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 11/22 GENTUNG KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
SAMPUL 1.docx

Download (24kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2.docx

Download (446kB)
[img] Text
PEMBAHASAN.docx

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.docx

Download (13MB)

Abstract

Husnaeni, 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word Square terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 11/22 Gentung Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I Dra.St.Nursiah B, M.Pd dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd selaku Pembimbing II Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 11/22 Gentung Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran word square pada mata pelajaran IPS, bagaimana gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, dan adakah pengaruh penerapan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 11/22 Gentung Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran word square pada mata pelajaran IPS, untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 11/22 Gentung Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Adapun populasi dalam penelitin ini adalah siswa kelas V SDN 11/22 Gentung. Sampel dalam penelitian ini berdasarkan teknik simple random sampling yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes hasil belajar siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test yaitu Independent Sample T-test. Pengukuran hasil belajar siswa bertujuan untuk membandingkan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran word square dan pada kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran word square. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen hasil belajar siswa lebih meningkat dibanding dengan kelas kontrol, sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran word square memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 11/22 Gentung Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:23
Last Modified: 21 Jul 2023 03:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33127

Actions (login required)

View Item View Item