PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES TELLO BARU KECEMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR

NURUL INSANI KUSNADI (2023) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES TELLO BARU KECEMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL LENGKAP.docx

Download (1MB)
[img] Text
01. BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
02. BAB II.docx

Download (42kB)
[img] Text
03. BAB III.docx

Download (40kB)
[img] Text
06. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (10kB)
[img] Text
07.lampiran belakang o.docx

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN 29 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (43kB)

Abstract

Nurul Insani Kusnadi, 2017 Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Inpres Tello Baru Kecematan Panakukkang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. St. Nursiah B, M.Pd dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Tello Baru Kecematan Panakukkang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan Metode Demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Tello Baru Kecematan Panakukkang Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode Demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Tello Baru Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Tello Baru Kecematan Panakukkang Kota Makassar dengan jumlah keseluruhan siswa 23 orang yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil pelaksanaan penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup, aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup, maupun hasil tes siswa berada dalam kategori cukup sedangkan pada pelaksanaan siklus II, aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik, aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik, dan hasil tes siswa berada dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, melalui penerapan metode demonstrasi, hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Tello Baru Kecematan Panakukkang Kota Makassar meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:04
Last Modified: 21 Jul 2023 02:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33121

Actions (login required)

View Item View Item