NURUL INSANI KUSNADI (2023) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES TELLO BARU KECEMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL LENGKAP.docx Download (1MB) |
|
Text
01. BAB I.docx Download (27kB) |
|
Text
02. BAB II.docx Download (42kB) |
|
Text
03. BAB III.docx Download (40kB) |
|
Text
06. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (19kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (10kB) |
|
Text
07.lampiran belakang o.docx Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN 29 RIWAYAT HIDUP.docx Download (43kB) |
Abstract
Nurul Insani Kusnadi, 2017 Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Inpres Tello Baru Kecematan Panakukkang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. St. Nursiah B, M.Pd dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Tello Baru Kecematan Panakukkang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan Metode Demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Tello Baru Kecematan Panakukkang Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode Demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Tello Baru Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Tello Baru Kecematan Panakukkang Kota Makassar dengan jumlah keseluruhan siswa 23 orang yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil pelaksanaan penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup, aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup, maupun hasil tes siswa berada dalam kategori cukup sedangkan pada pelaksanaan siklus II, aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik, aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik, dan hasil tes siswa berada dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, melalui penerapan metode demonstrasi, hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Tello Baru Kecematan Panakukkang Kota Makassar meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 02:04 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 02:04 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33121 |
Actions (login required)
View Item |