PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 55 KAHERRANG KEC. SINJAI SELATAN KAB.SINJAI

SAMSINAR (2023) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 55 KAHERRANG KEC. SINJAI SELATAN KAB.SINJAI.

[img] Text
1. bagian depan.docx

Download (155kB)
[img] Text
2. BAB I, II, III, IV, V, DF.docx

Download (115kB)
[img] Text
3. LAMPIRAN.docx

Download (97kB)
[img] Text
4. FOTOFOTO.docx

Download (1MB)
[img] Text
5. riwayat hidup.docx

Download (35kB)

Abstract

SAMSINAR, 2017,Penerapan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 55 Kaherrang Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si dan Dr. Hj.Rohana, M.Pd; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswakelas IV SD Negeri 55 Kaherrang Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran penggunaan metode pembelajran eksperimen dalam pembelajaran IPA?, Bagaimana gambaran hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 55 Kaherrang? Dan Bagaimana penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 55 Kaherrang Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan gambaran penerapanmetode pembelajaran eksperimen pada mata pelajaran IPA (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 55 Kaherrangdan(3) mendeskripsikan peningkatanhasil belajar siswa pada kelas IV SD Negeri 55 Kaherrang melalui metode pembelajaran eksperimen. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran eksperimen dan hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 24 siswa, yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan dan seorang guru. Pelaksanaan kegiatan ini, guru bertindak sebagai guru dan peneliti bertindak sebagai observer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah kualitatif untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas guru berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 13 siswa yang tidaktuntasdan 11 siswa yang tuntas dan pada siklus IImeningkatyaituterdapat 2 orang siswa yang tidaktuntasdan 22 siswa yang telahtuntas. Kesimpulan pada penelitian ini Penggunaan Metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 55 Kaherrang Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 05:37
Last Modified: 20 Jul 2023 05:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33096

Actions (login required)

View Item View Item