Tiffany Shahnaz Rusli (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENGGUNAAN METODE CRITICAL INCIDENT SISWA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
Sampul Pertama.docx Download (24kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (27kB) |
|
Text
Daftar Isi.docx Download (28kB) |
|
Text
Isi Skripsi.docx Download (128kB) |
|
Text
Lampiran 1.docx Download (1MB) |
|
Text
Lampiran 1.docx Download (1MB) |
|
Text
silabus.docx Download (22kB) |
Abstract
Tiffany Shahnaz Rusli, 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Penggunaan Metode Critical Incident Siswa Kelas V SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Pembimbing: (I) Drs. Muh. Faisal M.Pd dan (II) Dra. Hj. Amrah, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan awal dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis karangan narasi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan penggunaan metode Critical Incident dalam kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode critical incident yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah metode critical incident dalam menggunakan kemampuan menulis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi baik (B). Demikian pula dengan aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik (SB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan menulis karangan narasi siswa berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik (B). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode critical incident dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 07:01 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 07:01 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33068 |
Actions (login required)
View Item |