PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES COPPO KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU

REZKI PERDANA (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES COPPO KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (30kB)
[img] Text
Motto - Copy.docx

Download (31kB)
[img] Text
KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB I - BAB V.docx

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (475kB)

Abstract

REZKI PERDANA. 2017. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Inpres Coppo Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Skripsi ini dibimbing oleh Drs.Lutfi B,M.Kes selaku pembimbing I dan Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd ,M.Pd Selaku pembimbing II Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa Pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Coppo Kecamatan Barru kabupaten Barru. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Coppo Kecamatan Barru Kabupaten Barru ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi pembelajaran Inkuiri dalam meningkatakan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Inpres Coppo Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres coppo yang berjumlah 23 siswa yang terdiri 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Fokus penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Inkuiri dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis kuantitatif kualitatif. Dari hasil Observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada Kategori Cukup, dan pada siklus II berada pada kategori Baik. Hasil Observasi aktivitas Belajar siswa siklus I berada pada ketegori cukup dan pada siklus II berada pada ketegori Baik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Coppo Kecamatan Barru kabupaten Barru dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II meningkat hasil belajar IPA menjadi kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran Inkuiri dapat meningkat hasil belajar Siswa pada mata Pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Coppo Kecamatan Barru kabupaten Barru .

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:31
Last Modified: 18 Jul 2023 02:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33048

Actions (login required)

View Item View Item