Lily Andriani (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKAPADA SISWA KELAS V SDN146 BARAMBANG IKECAMATAN MANDAI KABUPATEN MAROS.
Text
SAMPUL UTAMA.rtf Download (208kB) |
|
Text
SAMPUL KEDUA.docx Download (38kB) |
|
Text
- MOTTO.rtf Download (40kB) |
|
Text
- PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.rtf Download (44kB) |
|
Text
- ABSTRAK.rtf Download (51kB) |
|
Text
- DAFTAR ISI.rtf Download (125kB) |
|
Text
SKRIPSI REVISI (BENAR).docx Download (107kB) |
|
Text
Lampiran 1.docx Download (284kB) |
|
Text
Lampiran siklus 2.docx Download (2MB) |
|
Text
Lampiran 1 lanjutan.docx Download (89kB) |
|
Text
- RIWAYAT HIDUP.docx Download (60kB) |
Abstract
Lily Andriani, 2016. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 146 Barambang I Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Skripsi. Dibimbing oleh Muhammad Irfan, S.Pd, M.Pd dan Dr. Usman Bafadal, M. Si. Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 146 Barambang I Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 146 Barambang I Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 146 Barambang I Kecamatan Mandai Kabupaten Maros, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah pPembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan hasil belajar siswa. Setting penelitian adalah SDN 146 Barambang I Kecamatan Mandai Kabupaten Maros dan yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 146 Barambang I sebanyak 20 siswa dengan rincian 8 siswa laki- laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Pada siklus I hasil belajar matematika siswa berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II hasil belajar matematika siswa berada pada kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 146 Barambang I Kecamatan Mandai Kabupaten Maros.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 06:59 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 06:59 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33036 |
Actions (login required)
View Item |