PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD INPRES PERUMNAS IKELURAHAN BONTOMAKKIO KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

IRNAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD INPRES PERUMNAS IKELURAHAN BONTOMAKKIO KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampulku inn.docx

Download (52kB)
[img] Text
bab 1 2 3.docx

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (12kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
Irnawati.docx

Download (88kB)

Abstract

Irnawati, 2016. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Perumnas I Kelurahan Bonto Makkio Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Nur Abidah Idrus, S.Pd, M.Pd. dan Dr. Arnidah, S.Pd., M.Si. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Perumnas I Kelurahan Bonto Makkio Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres Perumnas I Kelurahan Bonto Makkio Kecamatan Rappocini Kota Makassar?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Kelas IV SD Inpres Perumnas I Kelurahan Bonto Makkio Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus II yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian yakni penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres Perumnas I Kelurahan Bonto Makkio Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan itu dilihat dari setiap siklus. Siklus I aktivitas guru dan siswa masing – masing terkategori cukup kemudian. Kemudian pada siklus II aktivitas guru dan siswa meningkat dengan kategori baik kemudian pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dari siklus I masuk kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres Perumnas I Kelurahan Bonto Makkio Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:30
Last Modified: 17 Jul 2023 06:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33030

Actions (login required)

View Item View Item