PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN PKNDALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDNBONTORAMBA KOTA MAKASSAR

DEDI KAHAR (2023) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN PKNDALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDNBONTORAMBA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
HALAMAN DEPAN DK.docx

Download (127kB)
[img] Text
BAB I-V.docx

Download (101kB)
[img] Text
Lampiran 2 hal 73.docx

Download (14kB)
[img] Text
Lampiran 6 hal 86.docx

Download (14kB)
[img] Text
Lampiran 7 hal 87.docx

Download (14kB)
[img] Text
DOKUMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN.docx

Download (5MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP DK.docx

Download (32kB)

Abstract

Dedi Kahar. 2016. Penerapan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran PKn Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Bontoramba Kota Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Dr. Suarlin,S.Pd., M.Si dan Dr. Wahira, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajarPKnsiswa kelas V SDN BontorambaKota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan Media Audio Visual dalam aktivitas belajar pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas V SDN Bontoramba Kota Makassar?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Media Audio Visual dalam Aktivitas belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas V SDN Bontoramba Kota Makassar.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelasV SDN Bontoramba Kota Makassar dengan jumlah siswa38 orang terdiri dari 20 laki-laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif dan kuantitatif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru maupunsiswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I masih menunjukkan kategori cukupdan siklus II meningkat dengan kategori baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II meningkat menjadi sangat baik. Hal tersebut di buktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dari kategori kurang pada siklus I menjadi kategori sangat baik di pada siklus II.Dengan demikian penerapan Media Audio Visual pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN Bontoramba Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:09
Last Modified: 17 Jul 2023 06:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33026

Actions (login required)

View Item View Item