PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 105 BARAKA KECAMATAN BARAKA KABUPATEN ENREKANG

SITI MARWAH B (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 105 BARAKA KECAMATAN BARAKA KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
sampul.docx

Download (24kB)
[img] Text
halaman depan terpakai.docx

Download (126kB)
[img] Text
Bab I- III.docx

Download (57kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (44kB)

Abstract

Siti Mawah B. 2016. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 105 Baraka Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Hj. Nurhaedah, S.Pd., M.Hum dan Dr. Andi Cudai Nur, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 105 Baraka Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 105 Baraka Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 105 Baraka Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang .Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan/Tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 105 Baraka Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang dengan jumlah siswa 17 orang terdiri dari 10 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan I berada pada kategori kurang (K), pertemuan II berada pada kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan I berada pada kategori baik (B) , pertemuan II berada pada kategori sangat baik (SB). Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I berada pada kategori sangat kurang (SK), pertemuan II berada pada kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan I berada pada kategori baik (B), pertemuan II berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 105 Baraka Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:45
Last Modified: 17 Jul 2023 03:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33018

Actions (login required)

View Item View Item