PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN. KARUWISI 1 KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR

NASRAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN. KARUWISI 1 KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (45kB)
[img] Text
Data hasil tes siklus I lampiran.docx

Download (3MB)

Abstract

Nasrawati,2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Karuwisi 1 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Skripsi. dibimbing oleh Khaerunnisa, S. Pd.I., MA dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelalajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Karuwisi 1 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model pembelajaran discovery learning dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Setting penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Karuwisi 1 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru dan siswa kelas IV SDN Karuwisi 1 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 23 yang terdiri dari 13 laki-laki dan 10 perempuan.teknik pengumpulan data penggunakan observasi, tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pemebelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPA pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang berada pada kategori baik demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada dalam kategori cukup sedangkan pada siklus II aktivitas siswa berada pada kategori baik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Karuwisi 1 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar Dapat Meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:35
Last Modified: 17 Jul 2023 02:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33005

Actions (login required)

View Item View Item