NURUL ASMI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 213 LAGOCI KECAMATANLILIRIAJA KABUPATEN SOPPENG.
Text
01 Sampul.docx Download (25kB) |
|
Text
02 HALAMAN JUDUL.docx Download (27kB) |
|
Text
05 MOTTO.docx Download (19kB) |
|
Text
03 pernyataan keaslian.docx Download (28kB) |
|
Text
06 ABSTRAK.docx Download (21kB) |
|
Text
07 PRAKATA.docx Download (22kB) |
|
Text
08 DAFTAR ISI.docx Download (23kB) |
|
Text
09DAFTAR GAMBAR.docx Download (18kB) |
|
Text
10DAFTAR TABEL.docx Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (20kB) |
|
Text
SKRIPSI.docx Download (6MB) |
Abstract
Nurul Asmi. 2016. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN 213 Lagoci Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng”. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj.Syamsiah D, S.Pd., M.Pd dan Muhammad Irfan, S.Pd., M.Pd, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 213 Lagoci Kec.Liliriaja Kabupaten Soppeng. Rumusan masalah yang diajukan bagaimanakah Penerapan Pendekatan PAKEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas V. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan pendekatan PAKEM pada siswa kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran PAKEM dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa 29 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 19 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan klasikal yang ditentukan dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itulah dilihat dari ketuntasan belajar klasikal yang ditentukan yaitu berada pada kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Pendekatan PAKEM dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 213 Lagoci Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 01:56 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 01:56 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32998 |
Actions (login required)
View Item |