PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CERITA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 1 ANASSAPPU KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA

Hardianti (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CERITA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 1 ANASSAPPU KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA.

[img] Text
sampul skripsi (Hasil).docx

Download (42kB)
[img] Text
keaslian, motto, abstrak dkk.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB I Dian.doc

Download (58kB)
[img] Text
BAB II DIAN.doc

Download (127kB)
[img] Text
BAB III fixx.doc

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (35kB)
[img] Text
16 Hasil Analisis Postest Siklus I.doc

Download (93kB)
[img] Text
17 Hasil Analisis Postest Siklus II.doc

Download (93kB)
[img] Text
18 Rekapitulasi Nilai.docx

Download (17kB)
[img] Text
lampiran foto.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (33kB)

Abstract

Hardianti, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerita Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 1 Anasappu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Muhammad Irfan.,S.Pd.,M.Pd dan Drs. Lutfi B.M.Kes. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca cerita siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 1 Anasappu Kabupaten Gowa. Rumusan masalah yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam meningkatkan keterampilan membaca cerita siswa pada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 1 Anassappu Kabupaten Gowa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam meningkatkan keterampilan membaca cerita siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 1 Anassappu Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru dan 39 siswa kelas V. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CIRC meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan keterampilan membaca cerita siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 1 Anassappu Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa peningkatan itu dapat dilihat dari hasil tes keterampilan membaca cerita siswa yaitu pada siklus I berada pada ketegori baik. Namun, untuk dapat meningkatkan hasil belajar tetap, maka dilanjutkan ke siklus II dan pada siklus II ini terdapat peningkatan hasil belajar siswa sedangkan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalu penerapan model Pembelajaran Kooperatife Tipe CIRC secara maksimal maka berdampak pada peningkatan keterampilan Membaca Cerita Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 1 Anasappu Kabupaten Gowa dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:20
Last Modified: 17 Jul 2023 01:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32992

Actions (login required)

View Item View Item