PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVaSD NEGERI KAPOTA YUDHA 1 KOTA MAKASSAR

HERLINA (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVaSD NEGERI KAPOTA YUDHA 1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
PRAKATA.docx

Download (54kB)
[img] Text
bab 1-3.docx

Download (68kB)
[img] Text
Lampiran 10 hasil tes evaluasi sikus 1.docx

Download (27kB)
[img] Text
Lampiran 20 hasil tes evaluasi siklus ii. fixdocx.docx

Download (25kB)
[img] Text
lampiran 23 dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (35kB)

Abstract

Herlina, 2016. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IVa SD Negeri Kapota Yudha 1 Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Oleh Dr Latang M.Pd Dan Hamzah Pagarra S.Kom., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IVa. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IVa SD Negeri Kapota Yudha 1 Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas Iva SD Negeri Kapota Yudha 1 Kota Makassar dan hipotesis tindakan penelitian ini adalah jika Model Problem Based Learning (PBL) diterapkan dalam pembelajaran IPA maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVa SD Negeri Kapota Yudha 1 Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kalitatif deskriptifdengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus terdiri atas dua pertemuan, dengan tahapan tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan peningkatan hasil belajar IPA. Setting penelitian bertempat di SD Negeri Kapota Yudha 1 Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru dan siswa kelas IVa yang berjumlah 33 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran yang menyebabkan terjadinya persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II hasil pengamatan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IVa SD Negeri Kapota Yudha 1 Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:17
Last Modified: 13 Jul 2023 01:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32872

Actions (login required)

View Item View Item