PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI MINASA UPA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

PARAMITA (2023) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI MINASA UPA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul dll OK.docx

Download (95kB)
[img] Text
bismillah mita.docx

Download (161kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (14MB)
[img] Text
MITA FOTO.docx

Download (37MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP MITA.docx

Download (64kB)

Abstract

Paramita, 2016, Pengaruh Metode Mind Map Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd, M.Pd dan Dr. Ratmawati.M.Pd; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini mengkaji pemberian metode Mind Mapping oleh guru di sekolah terhadap motivasi belajar. Masalah utama penelitian, yaitu: adakah pengaruh metode mind map terhadap motivasi belajar IPA dan seberapa besar pengaruh metode Mind Map terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan Pendekatan Kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desaian true eksperimental design bentuk posttest only contol design dengan menggunakan teknin simple randowm sampling artinya pengambilan sampel dilakukan secaran acak tanpa memperhatikan strata dari populasi. Sampel terdiri atas 36 siswa kelas V SD Negeri Minasa Upa. Penelitian ini menggunakan kelas ekperimen yang diberi perlakuan menggunakan metode Mind Mapping dan kelas kontrol yang tanpa diberi perlakuan. Pengumpulkan data dengan menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Data diolah dengan analisis statistik deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian ini yaitu: hasil statistic deskriftif menunjukan motivasi siswa berada dalam katogiri tinggi dan hasil statistik inferensial menggunakan perhitungan manual untuk uji-t yang dipadukan dengan program SPSS 20.0 diperoleh nilai ttabel dengan d.b sebanyak 36 pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung hasil jawaban angket siswa berada dalam sig. 0,020 dan t tabel sebesar 1,69 jadi thitung < ttabel. Sedangkan dengan cara membandingkan nilai signifikansi hasil jawaban angket posttest kelas eksperimen dan kelas control sig (2-tailed) 1,31 > α (0,05). Merujuk hasil penelitian tersebut maka Ho diterima dan Ha ditolak. Faktor yang menyebabkan hasil penelitian ini adalah berdasarkan metode Mind Mapping cenderung hanya merujuk pada siswa yang memiliki kecerdasarn visual sehingga siswa yang memiliki keterampilan menggambar dan mewarnai saja yang terlihat antusias dalam menyelesaikan Mind Mapping. Sehubungan hal itu guru menggunakaan metode Mind Mapping dalam kurung waktu yang lama agar siswa terbiasa membuat Mind Mapping dan termotivasi belajar khususnya pelajaran IPA.Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini ialah “tidak terdapat perbedaan yang signifikan metode Mind Mapping terhadap motivasi belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2023 05:31
Last Modified: 12 Jul 2023 05:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32868

Actions (login required)

View Item View Item