PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN PKn DI KELAS V B SDN NO. 101 MAKALE 4 KABUPATEN TANA TORAJA

RISPA BOROALLO (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN PKn DI KELAS V B SDN NO. 101 MAKALE 4 KABUPATEN TANA TORAJA.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (83kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (39kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (6MB)
[img] Text
SILABUS PEMBELAJARAN.docx

Download (265kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

Rispa Boroallo. 2016. Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di Kelas V B SDN No. 101 Makale 4 Kabupaten Tana Toraja. Skripsi. Dibimbing oleh: Dr. Andi Makkasau, M.Si. dan Khaerunnisa, S.Pd. I., MA. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan pendekatan Kontekstual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di Kelas V B SDN No. 101 Makale 4 Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V B. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam bentuk siklus dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V B sebanyak 20 orang siswa yang terdiri dari 10 orang perempuan dan 10 orang laki-laki pada tahun pelajaran 2015/2016 semester genap dengan mata pelajaran PKn. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data digunakan analisis data kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I menunjukkan kategori cukup sedangkan siklus II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Dengan demikian penerapan pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V B SDN No. 101 Makale 4 Kabupaten Tana Toraja.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:38
Last Modified: 12 Jul 2023 03:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32865

Actions (login required)

View Item View Item