PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK –TALK –WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD INPRES MANGASA I MAKASSAR

NURUL ANNISA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK –TALK –WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD INPRES MANGASA I MAKASSAR.

[img] Text
sampul dalam.docx

Download (69kB)
[img] Text
sripsi nisa.docx

Download (120kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (97kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (2MB)

Abstract

Nurul Annisa. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Think –Talk –Write (TTW) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar. Skripsi yang dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd, M.Pd dan Dr. Arnidah, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Pengaruh Model Pembelajaran Think –Talk –Write (TTW) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah gambaran kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar sebelum menerapkan model pembelajaran Think –Talk –Write (TTW)? 2. Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Think –Talk –Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mengetahui gambaran kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar sebelum menerapkan model pembelajaran Think –Talk –Write (TTW). 2. Mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Think –Talk –Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre –Experimental Design bentuk One –Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar dengan jumlah 32 siswa dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa yang terdiri dari 17 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari Uji Normalitas dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Gambaran kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar sebelum menerapkan model pembelajaran Think –Talk –Write (TTW) berdasarkan pretest berada pada kategori rendah. 2. Ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Think –Talk –Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:50
Last Modified: 12 Jul 2023 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32860

Actions (login required)

View Item View Item