PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD KATOLIK SANTO ALOYSIUS MAKASSAR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ADRIANA DIMA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD KATOLIK SANTO ALOYSIUS MAKASSAR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (30kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (2MB)

Abstract

ADRIANA DIMA, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dan dibimbing oleh Dra.Hj. Amrah, S.Pd.,M.Pd dan Dra. Hj. Johara Nonci, M.Si.Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model kooperatif group investigation untuk meningkatkan hasil Belajar IPA pada siswa kelas V SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model kooperetif tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berdaur siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun fokus dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah guru dan siswa dengan jumlah siswa 34 orang, yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran koopertif tipe group investigation di kelas V SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup sedangkan pada siklus II dikategorikan baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup sedangkan pada siklus II dikategorikan baik. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari setiap siklus dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I masuk pada kategori cukup dan belum dikategorikan tuntas secara klasikal karena presentase ketuntasan belum mencapai standar ketuntasan yang telah ditentukan, selanjutnya pada siklus II presentase ketuntasan hasil belajar siswa berada pada kategori sangat baik dan tuntas secara klasikal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:52
Last Modified: 12 Jul 2023 01:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32851

Actions (login required)

View Item View Item