PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 179 TALUMAE KABUPATEN SOPPENG

SULFIANI SYARIF (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 179 TALUMAE KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
1.SAMPUL.docx

Download (50kB)
[img] Text
1. BAB I,II,III.docx

Download (64kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (22kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
10. TES AKHIR SIKLUS 2 SIFAT2 CAHAYA.docx

Download (30kB)
[img] Text
11. REKAPITULASI.docx

Download (22kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (38kB)

Abstract

SULFIANI SYARIF. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V di SDN 179 Talumae Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh, Dra. St. Nursiah B, M.Pd dan Dra. Hj. Nurhaedah A, M.Si.Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 179 Talumae Kabupaten Soppeng. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SDN 179 Talumae Kabupaten Soppeng? Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 179 Talumae Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alur kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada tiap-tiap siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 179 Talumae Kabupaten Soppeng dengan jumlah siswa 30 siswa. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dari siklus I ke siklus II dilihat pada siklus I penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation masih berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II sudah berada pada kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah berada pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 179 Talumae Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Jul 2023 05:56
Last Modified: 11 Jul 2023 05:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32838

Actions (login required)

View Item View Item