Pengaruh Metode Probing Prompting Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa

Kuddus, Muhammad Shiddiqien and Ruslan, Ruslan and Dassa, Awi (2017) Pengaruh Metode Probing Prompting Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa. Issues in Mathematics Education (IMED), 1 (2). pp. 120-126. ISSN 26858592

[img] Text (Jurnal)
7. 9472-22032-1-SM.pdf

Download (239kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/imed/article/view/9472

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengkaji: (1) hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan metode Probing Prompting setting kooperatif pada kelas eksperimen; (2) hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif pada kelas kontrol; (3) apakah metode Probing Prompting berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa kedua kelas; (4) seberapa besar tingkat hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode Probing Prompting. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA yang terdiri dari 6 kelas. Peneliti memilih dua kelas dengan menggunakan simple random sampling. Data diperoleh dari hasil observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil dari analisis statistika deskriptif adalah: (1) rata-rata hasil pretest dan posttest siswa yang diajar dengan metode Probing Prompting setting kooperatif dan model pembelajaran koperatif berturut-turut adalah: (i) 3.18 dan 64.76; dan (ii) 3.42 dan 52.35; (2) peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode Probing Prompting sebesar 64.76 dalam kategori sedang. Hasil dari analisis statistika inferensial adalah: peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode Probing Prompting setting kooperatif lebih besar dari peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 30 Jun 2023 07:08
Last Modified: 30 Jun 2023 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32580

Actions (login required)

View Item View Item