Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA pada Konten Change and Relationshi

Djadir, Djadir and Dassa, Awi and Sulhijrah, S (2018) Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA pada Konten Change and Relationshi. Mathematics Education (IMED), 2 (2). pp. 112-118. ISSN 26858592

[img] Text (Jurnal)
3. 9489-22066-1-SM.pdf

Download (245kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/imed/article/view/9489

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui deskripsi jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA pada konten change and relationship ditinjau dari kemampuan awal yang diadapasi dari analisis kesalahan Newman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melibatkan subjek sebanyak 6 siswa kelas IX yang dipilih berdasarkan nilai matematika dan rekomendasi guru. Instrumen penelitian menggunakan 4 butir soal matematika berbasis PISA yang dikhususkan pada konten change and relationship dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang berkemampuan matematika tinggi melakukan jenis kesalahan transformasi, keterampilan proses, dan jawaban akhir; (2) Siswa yang berkemampuan matematika sedang melakukan jenis kesalahan transformasi, keterampilan proses, dan jawaban akhir; dan (3) Siswa yang berkemampuan matematika rendah melakukan jenis kesalahan yakni kesalahan pemahaman, transformasi, keterampilan proses, dan jawaban akhir.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 30 Jun 2023 07:06
Last Modified: 30 Jun 2023 07:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32568

Actions (login required)

View Item View Item