Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Partisipasi Siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika

Ibrahim, Muhammad Ikhsan and Dassa, Awi and Dinar, Muhammad (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Partisipasi Siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. IMED : Issues in Mathetmatics Education, 1 (1). pp. 26-32. ISSN 26858592

[img] Text (Jurnal)
2. 9248-21448-1-SM.pdf

Download (218kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/imed/article/view/9248

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui skor partisipasi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW); (2) mengetahui nilai hasil belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW); (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika; (4) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) terhadap hasil belajar matematika siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa, angket partisipasi siswa dalam proses pembelajaran dan tes hasil belajar matematika. Data yang dikumpulkan dengan instrumen tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Partisipasi siswa kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 35.05; (2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 83,50; (3) Terdapat pengaruh penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe TTWterhadap partisipasi siswa; (4) Terdapat pengaruh penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe TTWterhadap hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TTW terhadap partisipasi dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 30 Jun 2023 07:08
Last Modified: 30 Jun 2023 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32565

Actions (login required)

View Item View Item