FITRAYANTI (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Inpres Sailong Kecamatan Pattallassang Kab Gowa.
Text
01.SAMPUL DLL.docx Download (1MB) |
|
Text
02.BAB I.docx Download (22kB) |
|
Text
03.BAB II.docx Download (32kB) |
|
Text
04. BAB III.docx Download (32kB) |
|
Text
05.BAB IV revisi hasil.docx Download (45kB) |
|
Text
06.BAB V.docx Download (19kB) |
|
Text
07.Daftar Pustaka.docx Download (14kB) |
|
Text
09.RIWAYAT HIDUP.docx Download (693kB) |
|
Text
08.LAMPIRAN.docx Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar Matematika Siswa SD Inpres Sailong Kecamatan Pattallassang Kab Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana gambaran hasil belajar Matematika siswa SD Inpres Sailong Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa? Dan apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Matematika siswa SD Inpres Sailong Kecamatan Pattallassang Kab Gowa?.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran hasil belajar Matematika siswa SD Inpres Sailong Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa, dan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar Matematika siswa SD Inpres Sailong Kecamatan Pattallassang Kab Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experiment, dengan design penelitian one-grup pretest-posttest design. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan variabel terikat hasil belajar matematika. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Sailong Kecamatan Pattallassang Kab Gowa dan teknik sampling yang digunakan Sampling jenuh. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Sailong Kecamatan Pattallassang Kab Gowa dengan jumlah siswa 21 orang. Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Dari hasil analisis data mengagambarkan hasil belajar matematika siswa sebelum diberikan perlakuan (Pretest) berada pada ketegori rendah, dan terjadi peningkatan karena pada saat setelah diberikan perlakuan (posttest) nilai hasil belajar siswa berada pada kategori baik. Adapun berdasarkan analisis data diperoleh hasil thitung> ttabel(9,264>1,724), hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar Matematika siswa SD Inpres Sailong Kecamatan Pattallassang Kab Gowa. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa siswa SD Inpres Sailong Kecamatan Pattallassang Kab Gowa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 02:51 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 02:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31933 |
Actions (login required)
View Item |