Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Inpres Sailong Kecamatan Pattallassang Kab Gowa

FITRAYANTI (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Inpres Sailong Kecamatan Pattallassang Kab Gowa.

[img] Text
01.SAMPUL DLL.docx

Download (1MB)
[img] Text
02.BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
03.BAB II.docx

Download (32kB)
[img] Text
04. BAB III.docx

Download (32kB)
[img] Text
05.BAB IV revisi hasil.docx

Download (45kB)
[img] Text
06.BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
07.Daftar Pustaka.docx

Download (14kB)
[img] Text
09.RIWAYAT HIDUP.docx

Download (693kB)
[img] Text
08.LAMPIRAN.docx

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar Matematika Siswa SD Inpres Sailong Kecamatan Pattallassang Kab Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana gambaran hasil belajar Matematika siswa SD Inpres Sailong Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa? Dan apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Matematika siswa SD Inpres Sailong Kecamatan Pattallassang Kab Gowa?.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran hasil belajar Matematika siswa SD Inpres Sailong Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa, dan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar Matematika siswa SD Inpres Sailong Kecamatan Pattallassang Kab Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experiment, dengan design penelitian one-grup pretest-posttest design. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan variabel terikat hasil belajar matematika. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Sailong Kecamatan Pattallassang Kab Gowa dan teknik sampling yang digunakan Sampling jenuh. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Sailong Kecamatan Pattallassang Kab Gowa dengan jumlah siswa 21 orang. Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Dari hasil analisis data mengagambarkan hasil belajar matematika siswa sebelum diberikan perlakuan (Pretest) berada pada ketegori rendah, dan terjadi peningkatan karena pada saat setelah diberikan perlakuan (posttest) nilai hasil belajar siswa berada pada kategori baik. Adapun berdasarkan analisis data diperoleh hasil thitung> ttabel(9,264>1,724), hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar Matematika siswa SD Inpres Sailong Kecamatan Pattallassang Kab Gowa. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa siswa SD Inpres Sailong Kecamatan Pattallassang Kab Gowa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:51
Last Modified: 27 Jun 2023 02:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31933

Actions (login required)

View Item View Item