Upu, Hamzah and Djam’an, Nurwati and Karmila, Karmila and BASRI, MUHAMMAD YUSRAN (2021) Multiple Intelligence dalam Pembelajaran Matematika. Global Research and Consulting Institute (Global-RCI). ISBN 978-623-6339-07-7
Text
Multiple Intelligence dalam pembelajaran MATEMATIKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
Peer Review_Multiple Intelligence.pdf - Additional Metadata Download (2MB) |
Abstract
Konsep Multiple Intelligences yang menitikberatkan pada ranah keunikan selalu menemukan kelebihan setiap anak. Lebih jauh lagi, konsep ini percaya bahwa tidak ada anak yang bodoh sebab setiap anak pasti memiliki minimal satu kelebihan. Esensi teori multiple Intelligences menurut Gardner menghargai keunikan setiap orang, berbagai variasi cara belajar, mewujudkan sejumlah model untuk menilai mereka, dan cara yang hampir tak terbatas untuk mengaktualisasikan diri di dunia ini dalam bidang tertentu yang akhirnya diakui. Sejalan dengan solusi tersebut, dari karya ilmiah sebelumnya yang menyatakan bahwa efektifnya perangkat pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk karena pembelajaran matematika menjadi lebih bermakna dan menyenangkan. Keefektifan pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk dapat dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika dan mengoptimalkan prestasi belajar matematika siswa. Selain itu karya ilmiah lain tentang pembelajaran berbasis multiple intelligence ini juga pernah dilakukan oleh Onika Douglas yang mana hasil karya ilmiah tersebut menujukkan bahwa penilaian kinerja pada pos matematika untuk siswa yang diterapkan pembelajaran berbasis multiple intelligence menunjukkan peningkatan yang cukup besar jika dibandingkan dengan dengan kelas yang menggunakan pembelaran langsung. Multiple intelligence disebut dengan kecerdasan jamak adalah berbagai keterampilan dan bakat yang dimiliki siswa untuk menyelesaikan berbagai persoalan dalam pembelajaran. Dengan kata lain, kecerdasan adalah kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memiliki nilai-nilai tertentu, dan multiple intelligence merupakan suatu keanekaragaman kecerdasan yang dimiliki setiap siswa. Kecerdasan majemuk siswa tidak hanya ditentukan dari nilai yang dicapai, melainkan dilihat dari kemampuan siswa dalam menghadapi dan menyelesaikan suatu masalah yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Berdasarkan teori multiple intelligences dari Howard Gardner, setiap individu memiliki sembilan jenis kecerdasan dalam dirinya, terdiri atas (1) kecerdasan verbal-linguistik (word smart), (2) kecerdasan logis-matematis (number/reasoning smart), (3) kecerdasan visual-spasial (picture smart), (4) kecerdasan berirama-musik (musical smart), (5) kecerdasan interpersonal (people smart), (6) kecerdasan intrapersonal (self smart), (7) kecerdasan naturalis (nature smart), (8) kecerdasan jasmaniah-kinestetik (body smart), dan (9) kecerdasan eksistensial-spiritual. Setiap siswa memiliki kesembilan kecerdasan tersebut, namun hanya beberapa kecerdasan yang mendominasi.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Zainatun |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 05:24 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 08:54 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31718 |
Actions (login required)
View Item |