ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI TINGKAT EFIKASI DIRI DI KELAS VII SMP NEGERI 20 MAKASSAR

Sani, Rininta Dwi and Sappaile, Baso Intang and Djam’an, Nurwati (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI TINGKAT EFIKASI DIRI DI KELAS VII SMP NEGERI 20 MAKASSAR. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI TINGKAT EFIKASI DIRI DI KELAS VII SMP NEGERI 20 MAKASSAR, 7 (2). pp. 239-246. ISSN 2476-9835

[img] Text
JPPTK 7.2 Lengkap_compressed (1) (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Peer Review_Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Tingkat Efikasi Diri.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://Globalrci.or.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan tingkat efikasi diri siswa di kelas VII SMP Negeri 20 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh menggunakan angket efikasi diri, tes tertulis dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini adalah 4 orang siswa kelas VII yang terdiri atas 2 orang subjek dengan tingkat efikasi diri tinggi dan 2 orang subjek dengan tingkat efikasi diri rendah. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan tahapan Newman Error Analysis dari siswa dengan efikasi diri tinggi adalah kesalahan membaca,kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi masalah dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Sedangkan, kesalahan dari siswa dengan efikasi diri rendah adalah kesalahan membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi masalah, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Newman Error Analysis, dan Efikasi Diri.
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:20
Last Modified: 27 Jun 2023 12:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31660

Actions (login required)

View Item View Item