PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 85 LABA KECAMATAN ENREKANG KABUPATEN ENREKANG

DEWI SUKMAWATI (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 85 LABA KECAMATAN ENREKANG KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (155kB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (39kB)
[img] Text
4. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (35kB)
[img] Text
5. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (17kB)
[img] Text
6. MOTO DAN PERUNTUKAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
8. PRAKATA.docx

Download (48kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (72kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
L.8.1 ANALISIS DESKRIPTIF.docx

Download (60kB)
[img] Text
L.8.2 ANALISIS INVERENSIAL.docx

Download (48kB)
[img] Spreadsheet
L.8.3 Sajian Data.xlsx

Download (17kB)
[img] Text
12. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (38kB)

Abstract

Dewi Sukmawati. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SDN 85 Laba Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Latang, M.Pd dan Dr. Ansar, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang pengaruh hasil belajar IPA sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada materi IPA kelas IV SDN 85 Laba; (2) hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada materi IPA kelas IV SDN 85 Laba; (3) pengaruh hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental designs. Sasaran penelitian adalah siswa kelas IV SDN 85 Laba yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, observasi, dan angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) hasil tes IPA sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray memberikan gambaran skor hasil belajar berada pada rata-rata sebesar 51,63 dengan berada pada kategorisasi rendah dengan persentase sebesar 37,50 %, (2) hasil belajar IPA setelah diterapkan Pembelajaran kooperatip Tipe Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 85 Laba Kecamatan Enrekang meningkat dengan rata-rata 75,42 pada kategori tinggi dengan persentase 66,67%, (3) Model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar IPA setelah dilakukan uji hipotesis, dimana hasil yang diperoleh yaitu nilai nilai t hitung ≥ t tabel dengan nilai t sebesar 7,114 dan nilai kritis t tabel = 1,71 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga secara keseluruhan terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah pada siswa Kelas IV SD Negeri 85 Laba Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:23
Last Modified: 23 Jun 2023 03:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31221

Actions (login required)

View Item View Item