PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD INPRES LANRAKI 2 KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR

MUH AGUM BAHRI SAPUTRA (2023) PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD INPRES LANRAKI 2 KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul dll.docx

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (13kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran 11.docx

Download (15kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Muh Agum Bahri Saputra, 2017. Pengaruh metode penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Pembimbing I Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd dan Pembimbing II Dr. Latang, M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika Siswa kelas V SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah gambaran penggunaan metode penemuan terbimbing pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar dikelas V SD Inpres Lanraki II Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar? 2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas V sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode penemuan terbimbing di SD Inpres Lanraki II Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar? 3) Adakah pengaruh penggunaan metode penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Lanraki II Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) gambaran penggunaan metode penemuan terbimbing pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar di kelas V SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, 2) gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode penemuan terbimbing di SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, 3) pengaruh penggunaan metode penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental Desaign bentuk One Group Pretest Postest Desaign. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar yang berjumlah 38 orang dengan menggunakan sampling jenuh. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yaitu rancangan penelitian, validasi instrumen, realibitas instrument, taraf kesukaran dan daya pembeda. Tehnik analisis data dengan uji t menggunakan bantuan SPSS version 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretest yaitu 51,05 dan posttest 65,26. Nilai Sig (2-tailed) yang diperoleh sebesar 0,000, signifikan lebih kecil dari 0,05 yang berarti ada pengaruh penggunaan metode penemuan terbimbing. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan metode penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas V SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:51
Last Modified: 23 Jun 2023 01:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31187

Actions (login required)

View Item View Item