NURUL FAJRIANI (2023) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES TIDUNG II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
1 SAMPUL DEPAN NURUL.rtf Download (329kB) |
|
Text
3 PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN SKRIPSI.docx Download (36kB) |
|
Text
4 Daftar Isi.docx Download (42kB) |
|
Text
5 bab 1.docx Download (27kB) |
|
Text
6 bab II.docx Download (55kB) |
|
Text
7 bab III.docx Download (66kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA NURUL.docx Download (22kB) |
|
Text
10 Lampiran.docx Download (843kB) |
|
Text
11 RIWAYAT HIDUP.docx Download (34kB) |
Abstract
NURUL FAJRIANI, 2017. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Syamsiah D, S.Pd, M.Pd dan Dr. Suarlin, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Tidung II kecamatan Rappocini kota Makassar?. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pedekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian yaitu proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode eksperimen. Setting penelitian dilaksanakan di SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar, dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 36 orang yang terdiri dari 18 laki-laki dan 18 perempuan. Tindakan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan rumusan masalah, hasil analisis data, dan pembahasan, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode eksperimen diperoleh hasil observasi pelaksanaan kegiatan guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C), Pada siklus II berada pada kategori baik (B). Sedangkan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C), kemudian pada siklus II berada pada kategori baik (B). Penggunaan metode eksperimen juga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yang pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II berada pada kategori baik (B). Karena dengan metode ini siswa dapat lebih aktif dan saling membantu sesama teman untuk melakukan percobaan. Bekerja sama untuk mencari jawaban atas masalah yang diajukan guru dari berbagai sumber yang telah ditetapkan khususnya dalam pembelajaran IPA
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 01:26 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 01:26 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31183 |
Actions (login required)
View Item |