Rezki Ramadani (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SD Negeri Mongisidi II Kecamatan Makassar Kota Makassar.
Text
SAMPUL.docx Download (59kB) |
|
Text
persetujuan pembimbing.docx Download (390kB) |
|
Text
keaslian skripsi, motto,abstrak dan prakata.docx Download (709kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB I - III.docx Download (98kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (9MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (32kB) |
Abstract
Rezki Ramadani, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SD Negeri Mongisidi II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi (dibimbing oleh Muhammad Irfan, S.Pd,. M.Pd dan Drs. Lutfi B, M.Kes). PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah pengaruh model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa . Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV SD Negeri Mongisidi II Kecamatan Makassar Kota Makassar dan apakah ada pengaruh model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap keterampilan proses Sains siswa kelas IV SD Negeri Mongisidi II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV SD Negeri Mongisidi II Kecamatan Makassar Kota Makassar dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap keterampilan proses Sains siswa kelas IV SD Negeri Mongisidi II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Grop Design yang merupakan jenis desain eksperimen semu (Quasi Eksperimetal Design). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Mongisidi II Kota Makassar. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan kelas IV B yang diambil menggunakan tehnik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan gambaran model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) di kelas eksperimen berada pada kategori sangat memuaskan pada akhir pertemuan pada hasil observasi belajar siswa. Setelah dilakukan uji T diperoleh nilai sig (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi yang telah ditetapkan. Maka dapat disimpulkan menolak H0 dan menerima H1 yang menyatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV SD Negeri Mongisidi II Kota Makassar. Kata kunci: Model Pembelajaran POE, Keterampilan Proses Sains, IPA.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 06:31 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 06:31 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31042 |
Actions (login required)
View Item |