Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SD Negeri Mongisidi II Kecamatan Makassar Kota Makassar.

Rezki Ramadani (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SD Negeri Mongisidi II Kecamatan Makassar Kota Makassar.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (59kB)
[img] Text
persetujuan pembimbing.docx

Download (390kB)
[img] Text
keaslian skripsi, motto,abstrak dan prakata.docx

Download (709kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB I - III.docx

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (9MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (32kB)

Abstract

Rezki Ramadani, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SD Negeri Mongisidi II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi (dibimbing oleh Muhammad Irfan, S.Pd,. M.Pd dan Drs. Lutfi B, M.Kes). PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah pengaruh model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa . Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV SD Negeri Mongisidi II Kecamatan Makassar Kota Makassar dan apakah ada pengaruh model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap keterampilan proses Sains siswa kelas IV SD Negeri Mongisidi II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV SD Negeri Mongisidi II Kecamatan Makassar Kota Makassar dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap keterampilan proses Sains siswa kelas IV SD Negeri Mongisidi II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Grop Design yang merupakan jenis desain eksperimen semu (Quasi Eksperimetal Design). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Mongisidi II Kota Makassar. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan kelas IV B yang diambil menggunakan tehnik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan gambaran model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) di kelas eksperimen berada pada kategori sangat memuaskan pada akhir pertemuan pada hasil observasi belajar siswa. Setelah dilakukan uji T diperoleh nilai sig (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi yang telah ditetapkan. Maka dapat disimpulkan menolak H0 dan menerima H1 yang menyatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV SD Negeri Mongisidi II Kota Makassar. Kata kunci: Model Pembelajaran POE, Keterampilan Proses Sains, IPA.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:31
Last Modified: 22 Jun 2023 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31042

Actions (login required)

View Item View Item